BUSINESS AS UNUSUAL


MAKNA KREATIF
June 3, 2009, 8:29 am
Filed under: Fitur | Tags: , ,

MAKNA KREATIFSaat ini kita semua disihir dengan kata dan makna kreatif yang artinya daya cipta baik dalam konteks bidang industri, ekonomi, budaya dan lainnya yang diyakini serta dipahami sebagai solusi pamungkas untuk mengatasi implikasi Krisis Ekonomi Global.

Kendati tampaknya belum ada keseragaman pemahaman karena masih di dalam ranah wacana, tetap kita patut syukuri bahwa pemaknaannya menimbulkan dorongan kuat serta upaya sporadis masyarakat untuk mewujudkan kata kreatif ke dalam konfigurasi bentukan tampil beda, menimbulkan keingin-tahuan pasar serta menciptakan dorongan konsumtif sesaat.

Artinya kata kreatif masih diwujudkan pada seputaran atribut atau kemasan dan belum menyentuh esensi. Sehingga apa yang terjadi dan kita amati ; makna kreatif masih bersifat jangka pendek dan belum berjangka panjang. Padahal makna kreatif mestinya bukan hanya bersifat linier antara suatu ekstrim yang dibenturkan dengan ekstrim yang lainnya dalam satu bidang, seperti eskrim goreng dalam bidang kuliner. Melainkan juga seharusnya berada dalam tahap kolaborasi lintas bidang seperti misalnya mesin pendingin sehat yang terkait bidang teknologi dan juga bidang kesehatan.

Karena kreatif atau daya cipta sejatinya tidak memiliki batas. Ia bergerak liar. Dan hanya bisa dijinakan dalam kerangka konsep budaya milenium yang mengutamakan : kemudahan, kenyamanan dan kepuasan. Hanya satu hal perlu kita camkan bahwa tidak ada yang salah dengan kreatif sampai kemudian ia diuji keberadaannya di antara kurva permintaan dan penawaran.

Yang menarik untuk kita cermati bahwa dalam waktu dekat ini akan terjadi interaksi pekat antara kreatif dan inovatif. Sebab jika perwujudan kreatif tidak lagi bersifat linier dan berada dalam tahap kolaborasi lintas bidang ; maka ke-kreatifan akan berada pada satu titik perbatasan dengan wilayah yang kita kenal sebagai inovatif, yaitu penemuan. Terlepas dari soal apakah bentukan wujud akhir itu memiliki nilai ekonomis. Alias nilai jual.

Jadi inilah saat-saat penuh tantangan bagi kita semua. Tantangan pertama untuk kita tidak seperti katak dalam tempurung. Tantangan kedua untuk kita selalu kreatif yang dimulai dari hati, pikiran dan tindakan. Tantangan ketiga buat menunjukan kepada dunia bahwa kita tidak bodoh-bodoh banget.

About these ads

Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: